close
malam-syahdu-klumpukan-2018

“Dulur teka, kangen lunga” merupakan tagline pada acara klumpukan 2018. Sesuai dengan tagline nya yang dalam bahasa Indonesia bermakna “saudara datang, rindu pergi”, acara ini mampu menghalau rasa kangen warga kampoeng.

Klumpukan kampoeng merupakan acara tahunan sejak 2007 yang menjadi wadah silaturahim bagi alumni rakasmada. Canda, tawa, nostalgia, dan bully-an khas pramuka SMA 2 Ngawi tertuang dalam tiap detik kebersamaan. Bahkan tak sedikit warga kampoeng yang membawa sanak familinya sehingga membuat klumpukan semakin meriah.

Sama seperti tahun lalu, klumpukan 2018 bertempat di Bumi Perkemahan Selo Ondo, Desa Ngrayudan, Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi. Selo Ondo disulap menjadi tempat yang meriah dengan gemerlap lampu dan foto-foto kenangan di pramuka. Acara dibuka dengan pemotongan tumpeng sebagai simbolis pembukaan oleh lurah KampoengSmuda, Kak Wisnu Sucahyono.

A post shared by KampoengSmuda (@kampoengsmuda) on

Acara selanjutnya outbound di area sekitar bumi perkemahan hingga menjelang matahari terbenam. Usai sholat maghrib dan makan malam hingga sholat isya dibawah naungan rembulan, acara dilanjutkan dengan prosesi penerimaan warga kampoeng dan penyalaan api unggun.

Malam semakin syahdu dengan penampilan dari beberapa warga kampoeng yang mengajak semua peserta bernyanyi bersama. Ada pula presentasi dari Kabinet yang baru, pengumuman penerima kampoeng Award dan hasil FPL. Hingga lewat tengah malam, pekatnya malam masih dibuat syahdu dengan bincang-bincang dan lagu-lagu yang dinyanyikan merdu oleh sebagian warga kampoeng yang hadir.

Keesokan harinya (Selasa, 19/06), sekitar pukul 06.00 dilkukan senam pagi dan penyerapan energi matahari, dilanjutkan dengan pembagian doorprize dari berbagai sponsor acara yakni Origami choco, Ken arok adventure, DD adventure, Madu Tunjung Atman, dan Sovia Jewelery. Acara dilanjutkan dengan sarapan pagi dan evaluasi bersama.

Tradisi musyawarah terbuka memang terus dijunjung oleh para warga kampoeng. Setiap acara pramuka tak terkecuali Klumpukan Kampoeng juga dilakukan evaluasi dan musyawarah agar kekurangan yang ada dapat diperbaiki di masa yang akan datang. Beberapa alumni senior sangat mengapresiasi jalannya acara Klumpukan Kampoeng tahun ini.

A post shared by KampoengSmuda (@kampoengsmuda) on

“Dipertahankan acara silaturahim di bulan Syawal seperti ini agar bisa terus terjalin komunikasi dan hubungan yang baik dari semua warga kampoeng.” harapan dari Kak Dodi angkatan 7.

Usai evaluasi dan musyawarah PJ panitia klumpukan tahun yang akan datang, suasana menjadi cair kembali setelah kak Dodi memimpin games “vampir berjamaah”. Acara diakhiri dengan foto bersama dan saling bermaaf-maafan.

Klumpukan kampoeng memang selalu meninggalkan kesan yang mendalam setiap tahunnya bagi siapapun yang datang. Rasa bahagia bertemu kawan lama, kakak kelas, maupun adik kelas dan berbaur dalam tawa dan canda yang renyah. Maupun rasa haru karna harus berpisah dan kembali pada rutinitas masing-masing.

“Suasana seperti inilah yang kami rindukan,” ungkap Kak Choiri angkatan 6 yang sepertinya juga mewakili ungkapan hati semua warga kampoeng.

Semoga Klumpukan Kampoeng 2018 benar-benar mampu menghapus segala rindu akan saudara seperjuangan yang tlah lama jauh dari pandangan. Semoga tak ada luka usai bersua. Semoga senantiasa ada doa walau raga tak selalu mampu menyapa.

“Dulur teka, kangen lunga” karna kita “Dulur saklawase”. Sampai jumpa di Klumpukan Kampoeng 2019. Pasti akan ada kesan, bersama kehadiranmu.

Tags : kampoengsmudaklumpukanklumpukan 2018selo ondo
Humas KampoengSmuda

The author Humas KampoengSmuda

Humas KampoengSmuda Kabinet Tunggal Roso, KampoengSmuda periode 2018-2020. Lembaga KampoengSmuda bergerak di bidang Pendidikan, Sosial, dan Usaha dengan nomor kelembagaan : 60/LMB/2014/PN.Ngawi

Leave a Response

twelve + 11 =