close
FGDKampoeng

Perbedaan Anak Putra dan Putri di Usia yang Sama

anak-laki-dan-perempuan

Anak adalah sebuah anugrah yang maha indah, diberikan kepada keluarga dengan penuh cinta, hadir ditengah keceriaan, dan tumbuh dengan penuh kasih – sayang.

Ulasan berikut menyangkut perbedaan anak putra dan putri yang merupakan kajian khusus dari Bu Hannah Kuswara Nova, Alumni Smada 2003.

Anak putra cenderung perlu pendekatan yang lain utk perintah dan pembiasaan karakter, Anak putri cenderung suka perintah dan kronologis yg rapi. Urutan golongan dari usia Anak : Anak Sebagai Raja (0-7 th)| Tawanan (7-14 th) |Sahabat (14-dst th)

Kontradiktif. karena menterjemahkan tuntunan itu sesuai kondisi sekarang, kearifan jaman. Maksudnya memang pada masa tersebut perlakukan sebagai Raja… namun untuk saat ini lebih bijaknya sebagai raja dalam hal pilihan pengembangan dirinya. Biarkan anak memilih caranya dalam belajar dan mengembangkan diri. Tapi tidak berarti tidak dikenalkan kepada aturan baik dan benar.

Ilustrasi :
Tadi perintahnya sewaktu break…

“silahkan menambah tadrrus utk mengganti break”…

Penterjemahan bagi anak putri… ambil quran dan mengaji , Anak putra:. ngajak ngumpul temannya… main dl yuk. sang raja.. masih memilih main. Anak putri selese 5 ayat. baru main. Anak putra… asyik dg permainannya. sampai waktu hbs.
Akhirnya anak putra tidak jadi Belajar.

Pesan moralnya : Prioritas Waktu

Hubungan dengan tingkat kedewasaan putra dan putri.. pada usia yang sama, Putri lebih matang Karena pengaruh jaman, lingkungan, dan hormon. Kelas 3 sudah bisa ada yang Haid. Harus berlari untuk belajar menjadi orang tua zaman sekarang.

Intinya… masa raja uuntuk anak putri Lebih pendek… based on the experiences. Anak putri bisa mapan lebih cepat dan memberontakpun lebih cepat.

Kampoeng Smuda

The author Kampoeng Smuda

KampoengSmuda merupakan sebuah lembaga yang menjadi organisasi dalam menjalin ukhuwah dan menjunjung persaudaraan yang damai dan selalu bersatu. Lembaga KampoengSmuda bergerak di bidang Pendidikan, Sosial, dan Usaha dengan nomor kelembagaan : 60/LMB/2014/PN.Ngawi

Leave a Response

10 − 7 =